Puskesmas Kotagede I “Mewujudkan pelayanan kesehatan yang berintegritas dengan berinovasi menuju masyarakat sehat dan mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Kotagede I”
Selamat Datang Di Website Puskesmas Kotagede I Kota Yogyakarta “Mewujudkan pelayanan kesehatan yang berintegritas dengan berinovasi menuju masyarakat sehat dan mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Kotagede I”
 Setoharyanto,    22 Maret 2020 Etika Batuk
Etika Batuk

Kita tidak asing lagi dengan Virus Covid 19, virus yang berasal dari wuhan china ini sudah menginfeksi lebih dari 150 negara di dunia. Di Indonesia sendiri yang di nyatakan positif sudah 450 orang, 20 orang sudah sembuh dan 38 orang meninggal dunia ( dikutip dari www.covid19.go.id 21/03/2020 ).

Virus yang satu keluarga dengan SARS dan MERS ini menyerang bagian pernafasan. Adapun gejala yang ditimbulkan adalah seperti demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius, sesak nafas, batuk, pilek, sakit tenggorokan, letih dan lesu. Menurut WHO, COVID-19 menular dari orang ke orang. Caranya dari orang yang terinfeksi virus corona ke orang yang sehat. Penyakit menyebar melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika mereka yang terinfeksi virus bersin atau batuk.maka dari itu kita bisa mencegah penyebaran virus ini salah satunya  dengan  menerapkan etika batuk dan bersin yang benar.

Apa itu etika batuk ??

Menurut Drs. O.P. Simorangkir

Arti etika didefinisikan sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Sedangkan Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

maka bisa disimpulkan bahwa etika batuk merupakan tindakan yang baik atau benar yang kita lakukan ketika kita mengalami batuk.

etika batuk yang pertama yaitu menutup mulut dan hidung dengan tissu ketika kita merasa ingin batuk atau bersin. yang kedua ketika kita ingin batuk atau bersin tetapi tidak mempunyai tissu, maka kita bisa menggunakan lengan atas  bagian dalam untuk menutup mulut dan hidung. untuk yang ketiga bisa menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung ketika kita ingin batuk atau bersin. sedangkan cara menggunakan masker yaitu bagian masker yang berwarna untuk bagian luar, sedangkan bagian tidak berwarna  diletakkan di bagian dalam,posisikan masker tepat menutupi hidung dan mulut, kemudian pasang tali. di bagian atas masker terdapat bagian yang agak keras yang difungsikan untuk menyesuaikan bentuk hidung, jangan lupa buang tissue dan masker ke tempat sampah ketika sudah tidak di gunakan. jangan lupa cuci tangan 6 langkah menggunakan sabun di air mengalir.

 

Mari kita biasakan hidup bersih dan sehat, perubahan di mulai dari diri sendiri.

Dari diri sendiri untuk keluarga yang kita cintai.


  (130 nilai)
Pencarian
Agenda Kegiatan

Maaf, belum ada agenda kegiatan

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube

Tautan Terkait